Saya suka dengan kata-kata Boedi Ismanto ”Saya menulis (puisi) bukan untuk menjadi penulis (penyair), tetapi untuk menjadi manusia." Di sisi lain, saya juga menyukai kata-kata Imam al-Ghazali,”Kalau engkau ingin dikenal, sedangkan engkau bukan anak seorang raja, atau ulama besar, maka jadilah seorang penulis.” Silakan menjadi saksi!

Selasa, 05 Maret 2013

Khalwat


Usai membacakannya pada hujan aku membatin kembali mantra-mantra yang usang. Selembar daun jambu luruh di hatiku oleh kelelawar, “Sebiji pun tak pantas buatmu.”
Mega telah kembali berpancar dari layar malam menuju bawah mimbar. Aku selagi menang memerangi dingin dan angin, kunyalakan suluh. Merangkai gayuh hati. lafaz talbiyah berhamburan bersama peluh. Hanya peluh.
Lalu selembar daun jambu tiba-tiba jatuh di depan sajadahku, “Beribu biji pun tak berharga bagi kelelawar.”
Semenjak itu aku menekuri hakikat khalwatku sembari menakari debu di gumpal kalbu yang deru.
Semarang, 7 November 2012

0 komentar: